Program Pembelajaran Keaksaraan Dasar PKBM Mawar Lapanni

foto gedung

Salah satu program pembelajaran  PKBM Mawar Lapanni adalah melaksanakan pembelajaran Keaksaraan Dasar.

  1. Program Keaksaraan Dasar (KD) yang dikelola oleh PKBM Mawar sebanyak 7 (tujuh) kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 10 (sepuluh) orang peserta didik
  2. Kurikulum Program Keaksaraan Dasar yang digunakan di PKBM Mawar adalah Kurikulum 2013  dengan  pelaksanaan pembelajaran disusun secara mandiri oleh penyelenggara dan tutor di masing-masing kelompok
  3. Kegiatan belajar mengajar keaksaraan Dasar di PKBM Mawar dilaksanakan selama 4 bulan, setiap kelompok dibimbing 1 (satu) orang tutor.
  4. Jadwal kegiatan pembelajaran adalah dilaksanakan 3 (tiga) kali pertemuan dalam 1 (satu) minggu dengan waktu 3 (tiga) jam setiap pertemuan, dengan jumlah per temuan sebayak 48 (empat puluh delapan) kali dengan total jam pembelajaran 144 (seratus empat puluh empat) jam. Dan pembelajaran dimulai pada bulan September dan berakhir seluruh kegiatan program keaksaraan Dasar (KD) pada tanggal 31 Desember 2020.
  5. Lokasi pembelajaran yaitu kelompok 1 dan 2 di dusun Lapanni, kelompok 3 dan 4 di dusun Tabu, kelompok 5 di dusun Maccikka dan kelompok 6-7 didusun Tippulue
  6. Pencapaian warga belajar yaitu mereka sudah bisa mengenali huruf dan angka yang sudah diajarkan oleh masing-masing tutor, dengan hasil yang akan dicapai adalah melek aksara.
  7. Permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut adalah adanya rasa malu pada warga belajar mengikuti pendidikan keaksaraan karena ketahuan bahwa mereka buta aksara dan seringnya jadwal belajar bersamaan dengan kegiatan lain para warga serta timbulnya rasa jenuh terhadap kegiatan pembelajaran
  8. Pemecahan masalah
  • Ketua PKBM Mawar dan lurah serta tokoh Masyarakat yang ada disekitar lokasi warga belajar, memberikan arahan dan motivasi kepada warga belajar bahwa pentingnya mengikuti program ini supaya semua warga belajar bisa membaca dan menulis serta berhitung (melek aksara)
  • Dalam menentukan jadwal dan tempat pembelajaran harus dimusyawarahkan antara warga belajar dengan tutor masing-masing kelompok.
  • Untuk menghindari rasa jenuh warga belajar, pengelola dan tutor memberikan cinderamata  sebagai bentuk motivasi warga belajar.
pembelajaran KD kelompok 1, tutor Ramlah, S. Pd.
pembelajaran keterampilan kacang kentucky

 

penyerahan cinderamata
foto bersama tutor dan peserta didik kelompok 1
pembelajaran klp 2, tutor Resky Amelia
penyerahan cindera mata
foto bersama klp 2
pembelajaran klp 3, tutor Jumaedah, SE
pembeljaaran keterampilan
penyerahan cinderamata
foto bersama klp 3 dan tutor
pembelajaran klp 4, tutor Mirawati A., S. Pd.
pembelajaran keterampilan
penyerahan cinderamata
foto bersama klp 4 dan tutor

 

pembelajaran klp 5, tutor Riana, S. Pd.
pembelajaran keterampilan
penyerahan cinderamata
foto bersama klp 5 dan tutor
pembelajaran klp 6, tutor Masriani, S. Pd.
pembelajaran keterampilan
penyerahan cinderamata
foto bersama
pembelajaranklp 7, tutor Sukmawati Usman, S.Pd.
pembelajaran keterampilan
produksi kacang kentucky
Sekretariat PKBM Mawar Lapanni
Tempat pembelajaran